WIND TURBINE / TURBIN ANGIN


Dampak pemanasan global merebak....
Pasokan listrik tersendat karena supply energi untuk listrik terhambat....
Jangkauan jaringan PLN terbatas

Jika anda tinggal di daerah ber-angin*
Jika anda adalah pelaku bisnis yang memerlukan energi alternatif
Jika anda pemerhati energi alternatif
Jika anda peduli pada upaya pengurangan dampak pemanasan global

Kami perkenalkan PLTB, Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (Angin) atau Wind Turbin.
Pembangkit listrik ini memanfaatkan tenaga angin untuk menghasilkan listrik.
Bersih...Aman...Angin gratis dan berlimpah...Ramah lingkungan....

*) Kecepatan angin yang diperlukan rata-rata 18 km/jam. Atau secata visual dapat dilihat dari semua sisi dedaunan pada pohon-pohon disekitar anda bergerak-gerak karena angin. Jika demikian, anda berada pada tempat yang tepat untuk menggunakan PLTB ini.

Wind Turbin LWS: rangkaian listrik

Wind turbin LWS menggunakan generator listrik AC. Listrik AC ini diubah melalui sebuah rectifier menjadi listrik DC. Listrik DC ini disimpan dalam serangkaian baterai (aki) sebagai penyimpan listrik. (Konsep menyimpan listrik DC dalam baterai tetap menjadi pilihan mengingat arus listrik yang dihasilkan berubah-ubah sesuai kecepatan angin. Oleh karenanya lebih baik jika arus listrik yang keluar disimpan dalam baterai daripada digunakan langsung untuk pemakaian listrik yang beresiko pada kerusakan.) Melalui sebuah inverter, listrik DC dari baterai diubah kembali menjadi listrik AC untuk kemudian dihubungkan dengan peralatan listrik rumah tangga atau yang lainnya.

Berikut rangkaian listrik wind turbin LWS:

Wind turbin --> Rectifier --> Control charger --> Baterai --> Inverter --> Listrik AC

Baterai dan inverter tidak termasuk dalam paket pembelian wind turbin LWS (optional), karena tergantung pada beban pemakaian masing-masing.

Wind turbin LWS 100 sangat cocok digunakan di daerah pedesaan yang berangin cukup. Listrik 100 watt efektif dapat dimanfaatkan untuk lampu penerangan, radio dan charging ponsel. Ukurannya relatif kecil, ringan, berat wind turbin set (diluar tiang) kurang dari 20 kg dan pemeliharaannya pun mudah.

Wind turbin LWS 1000 dapat dimanfaatkan oleh sekelompok masyarakat yang tinggal di pulau dengan beberapa kepala keluarga. Dengan 1000 watt efektif, listrik dapat dimanfaatkan untuk penerangan rumah, jalan, televisi bersama dan charging ponsel. Berat wind turbine set (diluar tiang) kurang dari 50kg.